Miskonsepsi seringkali dialami peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis proses conceptual change yang terjadi pada mahasiswa PGSD tentang konsep Siklus Air. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa PGSD yang mengikuti mata kuliah pembelajaran IPA sejumlah 24 orang terdiri dari 7 mahasiswa berlatar belakang SMU IPA dan sisanya Non IPA. Pengumpulan data conceptual change partisipan dilakukan saat pra pembelajaran dan paska pembelajaran. Data yang dikumpulkan berupa konsepsi yang dimiliki partisipan pada konsep Siklus Air. yang diberikan pada pembelajaran remedial. untuk mendapatkan gambaran tentang konsepsi awal, conceptual change dan learning progression partisipan selama pembelajaran dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Data konsepsi secara kualitatif berupa kategori konsepsi, conceptual change dan learning progression. Sedangkan data kuantitatif berupa distribusi frekuensi dan prosentase partisipan berdasarkan kategori tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, melalui penggunaan model PDODE sebagian besar mahasiswa PGSD mengalami conceptual change dari misconception menjadi scientific conception. PDODEdapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk memperbaiki konsepsi peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019