JELISA (Jurnal Edukasi dan Literasi Bahasa)
Vol 2 No 1 (2021): JELISA (Jurnal Edukasi dan Literasi Bahasa)

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE SAS PADA SISWA KELAS I UPTD SD NEGERI 05 KUBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Resmayeni Resmayeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang peneliti jumpai di kelas I UPTD SD Negeri 05 Kubang diantaranya kemampuan membaca permulaan siswa masih rendah, Sarana yang digunakan kurang mendukung proses pembelajaran, Metode, model, strategi yang digunakan guru kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan seberapa jauh peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menerapkan metode SAS pada siswa kelas I UPTD SD Negeri 05 Kubang tahun pelajaran 2019/2020. Jenis peneltian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas I UPTD SD Negeri 05 Kubang yang berjumlah 11 orang. Pemilihan subjek penelitian ini karena peneliti adalah guru kelas I di UPTD SD Negeri 05 Kubang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes kemampuan membaca permulaan. Berdasarkan analisis data pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan kemampuan membaca permulaan siswa secara klasikal adalah 72,7% dan pada siklus II sebesar 97,7%. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan, bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menerapkan metode SAS pada siswa kelas I UPTD SD Negeri 05 Kubang tahun pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jelisa

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

1. Pengajaran Bahasa dan Sastra (perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, kurikulum, bahan ajar, dan media pembelajaran). 2. Ilmu Bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, wacana, pragmatik, sosiolinguistik, psikolinguistik) 3. Ilmu Sastra (teori sastra, ...