BAJET ( Baturaja Journal of Educational Technology)
Vol 4 No 1 (2020): Baturaja Journal of Educational Technology

Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Time Token Siswa Kelas VIII SMP

Dwi Prihatin Rahayu (Guru SMP N 2 OKU)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS Model Time Token dalam materi Mobilitas Sosial di kelas VII SMP Negeri 2 OKU. Model pembelajaran adalah model prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa soal pilihan ganda, soal yang digunakan pre test dan Siklus I sama, tetapi pada siklus II berbeda. Sedangkan RPP yang digunakan berbeda . Peneliti dapat menyimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar materi Mobilitas Sosial karena keaktifan dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran berlangsung sehingga menumbuhkan suasana yang aktif dan kompetitif. Perubahan sikap siswa dalam pembelajaran IPS semakin baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat peningkatan dari 43,8 % menjadi 62,5%, siklus II dari 62,5% menjadi 90,1% yang dapat dikategorikan “sangat baik”. Saat pembelajaran berlangsung siswa berusaha menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan diskusi dan observasi, sehingga sudut pandang terhadap pelajaran IPS berubah menjadi positif. Dengan demikian model pembelaran TT dapat digunakanuntuk pembelajaran IPS di kelas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BaJET

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

Jurnal BAJET ( Baturaja Journal of Educational Technology) merupakan jurnal yang memuat artikel hasil dan kajian analitis kritis di bidang pembelajaran, media dan pendidikan dengan tujuan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan model pembelajaran yang efektif serta media yang membantu proses ...