Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-Book mata kuliah Komputer Grafis menggunakan aplikasi Ncesoft Flip Book Maker pada Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja. Jenis penelitian adalah penelitian Research and Development (R&D). Metode yang digunakan adalah metode prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Dari hasil uji coba E-book, ahli media dengan hasil persentase 79,69% dengan kriteria “Baik”, ahli desain dengan hasil persentase 84,23% dengan kriteria “Baik”, dan ahli materi dengan hasil persentase 80,55% dengan kriteria “Baik”. Pada uji coba produk skala perorangan dengan objek penelitian 3 orang responden yaitu mahasiswa semester II kelas A.2.1 pada mata kuliah Komputer Grafis diperoleh persentase 89,14% dengan kriteria “Baik Sekali”. Uji coba kelompok kecil dengan objek penelitian 6 orang responden yaitu mahasiswa semester II kelas A.2.1 pada mata kuliah Komputer Grafis memperoleh persentase 90,04% dengan kriteria “Baik Sekali”. Kemudian dilakukan uji coba skala besar dengan objek penelitian 18 orang sebagai responden yaitu mahasiswa semester II kelas A.2.2 pada mata kuliah Komputer Grafis memperoleh persentase 89,61% dengan kriteria “Baik Sekali”. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menyatakan E-book yang dikembangkan telah layak untuk digunakan di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja.
Copyrights © 2020