Abstrak Pada era teknologi dibutuhkan manusia yang cerdas ekonomi dan bisa memperoleh pendapatan bagi dirinya. Siswa diharapkan dapat mengambil keputusan yang terbaik pada saat yang tepat, serta mampu mencapai kesejahteraan hidupnya. Agar menjadi orang yang cerdas dalam mengelola pendapatan sangat diperlukan kemampuan literasi ekonomi yang tinggi sehingga dapat mencapai kesejahteraan. Tujuan dari penelitian ini yaitu melihat pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan hasil belajar terhadap tingkat literasi ekonomi siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksplanatori dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa di kelas 12 IPS-3 SMA Negeri 3 Mataram angkatan 2015 dengan jumlah 35 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap tingkat literasi ekonomi siswa; (2) hasil belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap tingkat literasi ekonomi siswa; (3) Secara simultan variabel status sosial ekonomi orang tua dan hasil belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap tingkat literasi ekonomi siswa.
Copyrights © 2019