Abstraks Air merupakan kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat. Penyaluran air bersih di Kota Malang saat ini bisa dikatakan masih belum merata, khususnya lapisan Masyarakat Bepenghasilan Rendah (MBR) karena faktor sosial ekonomi masyarakat. Oleh karena itulah maka Direksi PDAM kota Malang mencoba melaksanakan program dengan sasaran Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menginformasikan tentang implementasi kebijakan program penyaluran air bersih MBR di wilayah Kota Malang baik penjelasan mengenai bentuk kebijakan serta mendeskripsikan proses implementasi dari kebijakan program penyaluran air bersih MBR tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara langsung dengan subjek penelitian, observasi secara langsung di lapangan dan dokumentasi yang diperoleh selama penelitian. Analisa data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi kebijakan dapat terlaksana dengan baik sesuai ketentuan, meskipun demikian masih terdapat beberapa kendala baik kendala teknis yaitu tidak adanya pipa jaringan yang menjadi pusat penyaluran air ke pipa-pipa saluran rumah, maupun kendala umum yaitu kurangnya dukungan masyarakat terhadap program MBR karena masyarakat lebih memilih air sumur untuk memenuhi kebutuhannya. Proses implementasi ini meliputi penginputan data calon pelanggan sampai pemasangan sambungan pipa saluran rumah pelanggan. Dengan adanya program MBR, pelayanan air bersih di PDAM Kota Malang pada tahun 2015 mengalami peningkatan jumlah pelanggan sebesar 53.825 atau 57,9% sambungan rumah. Saran-saran bagi PDAM Kota Malang agar senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik secara optimal kepada masyarakat melalui berbagai macam terobosan-terobosan serta inovasi-inovasi yang dapat membantu lancarnya pelaksanaan program, dengan tujuan memudahkan pelayanan penyaluran air bersih di wilayah di Kota Malang terutama bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah serta mampu menangani berbagai macam keluhan masyarakat. Bagi masyarakat sebagai penerima manfaat agar sadar bahwa pelayanan penyaluran air bersih yang diberikan oleh pemerintah lebih menjamin kesehatan masyarakat, dengan biaya yang lebih terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Kata kunci : Implementasi Kebijakan, Program Penyaluran Air Bersih PDAM, Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)
Copyrights © 2019