Abstrak Dampak Keharmonisan Komunikasi Dalam Kepemimpinan Pada Kinerja Pelayanan (Studi Tentang Dampak Keharmonisan Komunikasi Dalam Kepemimpinan Pada Kinerja Pelayanan Pada RS. Umum Bhakti Bunda Malang). Organisasi sebagai himpunan interaksi manusia yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama harus mempunyai administrasi yang professional, termasuk dalam hal ini adalah komunikasi antara oimoinan dengan bawahan. Pencapaian tujuan suatu organisasi dikenal adanya asas kesatuan perintah yaitu hendaknya setiap bawahan hanya menerima perintah dari seorang atasan dan bertanggung jawab hanya kepada seorang atasan pula. Tetapi seorang atasan dapat member perintah kepada beberapa orang bawahan dan asas kesatuan perintah sangat bergantung pada bagaimana pemimpin berkomunikasi. Tujuan penelitian ini adalah ; untuk mendeskripsikan dan menganalisis kondisi keharmonisan komunikasi antara pimpinan dan pegawai pada pelayanan RS. Umum Bhakti Bunda Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, data dikumpulkan dengan metode wawancara (Tanya-jawab) yang didukung oleh narasumber sesuai kebutuhan penelitian. Analisis data penelitian menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman (1992) yang terdiri dari data collection, data display, data reduction dan conclusions ; drawing/verifying. Komunikasi yang harmonis dari pimpinan yang dibangun di RS. Umum Bhakti Bunda Malang memberikan dampak pada berjalannya arus komunikasi dengan baik secara dua arah. Keharmonisan komunikasi pimpinan dengan bawahan telah membangun sebuah model yang bagus dalam suatu konsep kerjasama yang baik dari masing-masing anggota di RS. Umum Bhakti Bunda Malang. Kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan melalui komunikasi yang harmonis tersebut, telah memberikan dampak pada komitmen bawahan untuk bekerja dengan sebaik mungkin dalam memberikan layanan medis kepada masyarakat. Kualitas layanan yang diberikan oleh petugas di RS. Umum Bhakti Bunda Malang berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan, sehingga jarang bahkan hamper dikatakan belum pernah terjadi complain yang berat dari pasien dan keluarga pasien. Kata Kunci : Dampak, Keharmonisan, Kepemimpinan, Meningkatkan Kinerja Pelayanan
Copyrights © 2019