Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Mantikole pada mata pelajaran IPA dengan penggunaan peta konsep berbantuan LKS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian tes pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari observasi kegiatan guru. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan banyaknya siswa yang tuntas belajar sebanyak 5 orang dari 12 orang siswa, dengan skor rata-rata 54,2 dan daya serap klasikal 41,6%. Dengan demikian belum mencapai indikator yang disyaratkan, sehingga perlu dilanjutkan pada siklus ke II. Pada kegiatan siklus II, banyaknya siswa yang tuntas belajar 8 orang, dengan skor rata-rata 65,8 dan daya serap klasikal 66,7%. Dengan demikian indikator kinerja yang ditetapkan dalam penelitian ini telah tercapai. Sehingga tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa dengan penggunaan peta konsep berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Mantikole pada mata pelajaran IPA dengan materi pengaruh gaya terhadap gerak benda tahun pelajran 2012/2013 telah mencapai indikator pembelajaran. Kata Kunci: Peta Konsep, LKS, Hasil Belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017