Lebih dari 99% bisnis Indonesia adalah usaha mikro, kecil dan menengah atau yang disingkat dengan UMKM, dan para pelaku UMKM ini kesulitan untuk menyesuaikan human capital mereka dengan industri 4.0. Penelitian ini berusaha menggambarkan upaya UMKM untuk mengembangkan Human capital dan mengusulkan pedoman bagi pemerintah. Untuk analisis kualitatif, kami menggunakan tinjauan literatur sistematis. Penelitian ini menemukan ada tiga kesenjangan dalam penelitian ini: pendidikan, pelatihan, dan pengembangan karir. Ketiga upaya ini merupakan landasan bagi pelaku UMKM untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Isu utama dalam UMKM adalah pengembangan usaha. Karena usaha UMKM tidak dapat menyediakan ketiga upaya ini sendirian, pemerintah harus membantu mereka mengembangkan sumber daya manusia mereka. Oleh karena itu, pemerintah harus mendesain ulang kurikulum pelatihan vokasi yang mencakup materi pelajaran, transfer pengetahuan, dan peningkatan kapasitas. Akhirnya, bisnis UMKM harus mulai mengembangkan rencana strategis human capital yang terkait dengan dukungan pemerintah yang diusulkan.
Copyrights © 2021