Perkembangan teknologi yang diiiringi dengan pertumbuhan pengguna internet telah menciptakan platform e-commerce bagi pelaku bisnis online. Mengingat bahwa persaingan menjadi semakin ketat antar pelaku usaha, maka sangatlah krusial untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran e-WOM, information quality, attitude, serta trust sebagai variabel intervening. Target populasi pada studi ini yaitu seluruh konsumen pengguna e-commerce di Kota Batam. Melalui penentuan ukuran sampel, diperoleh sebanyak 400 responden milenial. Data empiris diperoleh melalui penyebaran kuesioner online dengan Google Form yang selanjutnya dianalisis melalui pendekatan statistik deskriptif dan Structural Equation Model. Temuan penelitian mendemonstrasikan bahwa niat beli dipengaruhi secara signifikan oleh faktor e-WOM, attitude, information quality, dan kepercayaan. Hasil penelitian mengkonfirmasikan bahwa keyakinan konsumen terkait dengan informasi yang diberikan pada platform e-commerce mampu meningkatkan niat beli. Studi ini diharapkan dapat memberikan kontirbusi teoritis bagi literatur terkait dengan pemasaran. Selanjutnya diharapkan dapat memberikan implikasi secara praktis bagi pelaku bisnis online akan pentingnya kualitas informasi yang dicantumkan terkait dengan produk, meningkatkan ulasan positif, mendorong sikap positif konsumen, serta meningkatkan keyakinan konsumen.
Copyrights © 2022