Wabah corona virus disease 2019 (COVID-19) telah melanda 215 negara di dunia termasukIndonesia. Kemendikbud kemudian mengeluarkan himbauan untuk melakukan kegiatan pembelajaransecara daring atau online. Hal ini dilakukan demi memutus rantai penyebaran virus dan menjagakeamanan serta keselamatan peserta didik dari rumah dengan memanfaatkan teknologi dan mediainternet. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji persepsi mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan terhadap perkuliahan daring meggunakan platform Edmodo sebagai sarana pembelajaran selama covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu seluruh mahasiswa program studiDIII Kebidanan TA 2020/2021. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 73 mahasiswa dengan pemberiankuesioner secara online menggunakan google form. Hasil penelitian yang didapat, sebagian besarmahasiswa dapat mengkuti perkuliahan daring menggunakan platform Edmodo dengan keefektifan baik61,8%, dan merasa puas kuliah dari dengan platform Edmodo sebanyak 50%, untuk keefektifan mediapembelajaran perkuliahan daring mahasiswa lebih banyak memilih menggunakan video pembelajaran50%. Penerapan e-learning berbasis Edmodo membuat proses pembelajaran terlihat santai danmenciptakan suasana belajar yang nyaman.
Copyrights © 2020