TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora
Vol 3, No 3 (2022)

Metode Pembelajaran Tahsin dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Al-Qur’an pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri I Probolinggo

Abdullah, Abdullah (Unknown)
Iqbal, Muhammad (Unknown)
Taufik H, Ahmad (Unknown)
Firdaus, Hendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa MTs Negeri I Probolinggo yang masih kurang dalam praktik membaca al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana program tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa MTs Negeri I Probolinggo. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; 1), untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan metode tahsin dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an, 2), untuk mengetahui mutivasi siswa dalam pelaksanaan program tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an sisw. 3), untuk mengetahui perencanaan penerapan metode tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs Negeri I Probolinggo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan efektifitas siswa dalam membaca al-Qur’an. Hal ini terbukti dari mutivasi dan antusias serta kemampuan siswa dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an meski dalam waktu yang singkat. Indikator bahwa program tersebut efektif dapat dilihat dalam beberapa hal yaitu; 1) Pengorganisasian materi yang baik; 2) Komunikasi yang efektif; 3) Penguasaan dan antusiasi terhadap materi pelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

trilogi

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Engineering Public Health Other

Description

The focus of TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora is a peer-reviewed journal, open-access journal is to provide readers the original articles on various issues within technology, health, and social humanities. The scope of TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora ...