Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa MTs Negeri I Probolinggo yang masih kurang dalam praktik membaca al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana program tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa MTs Negeri I Probolinggo. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; 1), untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan metode tahsin dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an, 2), untuk mengetahui mutivasi siswa dalam pelaksanaan program tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an sisw. 3), untuk mengetahui perencanaan penerapan metode tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs Negeri I Probolinggo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan efektifitas siswa dalam membaca al-Qur’an. Hal ini terbukti dari mutivasi dan antusias serta kemampuan siswa dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an meski dalam waktu yang singkat. Indikator bahwa program tersebut efektif dapat dilihat dalam beberapa hal yaitu; 1) Pengorganisasian materi yang baik; 2) Komunikasi yang efektif; 3) Penguasaan dan antusiasi terhadap materi pelajaran.
Copyrights © 2022