Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora
Vol. 2 No. 2: Desember 2022

PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DALAM KEGIATAN BELAJAR DAN MENGAJAR TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK GENERASI Z

Mohamad Sabda Fariz Akbar (Unknown)
Ridwan Fauzi (Unknown)
Zaqi Abdillah Tsamanyah (Universitas Negeri Jakarta)
Arita Marini (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Gadget merupakan perangkat media elektronik yang memiliki beragam fungsi dan kegunaan. Saat ini gadget memang sudah menjadi bagian dari kehidupan, bahkan gaya hidup manusia. Karakter sebagai nilai dasar yang membangun pribadi seseorang, terbentuk baik karena pengaruh hereditas maupun pengaruh lingkungan, yang membedakan dengan orang lain, serta diwujudkan dalam sikap dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Generasi Z memiliki karakteristik yang khas dimana internet mulai berkembang dan tumbuh sejalan dengan perkembangan media digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget dalam kegiatan belajar dan mengajar terhadap pembentukan karakter Generasi Z. Metode penelitian yang digunakan ada studi literatur dengan pendekatan kualitatif yang sumber datanya diambir dari sumber Pustaka dan dokumentasi. Hasil analisis penelitian ini mengungkapkan penggunaan gadget dalam kegiatan belajar dan mengajar terhadapt pembentukan karakter anak generasi z, karena penggunaan gadget memiliki dampak-dampak yang harus diperhatikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPDSH

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Educational and social ...