Anak rentan mengalami masalah psikologis. Kondisi ini juga ada pada siswa di SD Unggulan Muhammadiyah (SDUM) Lemahdadi, Bantul. Di sisi lain, guru juga rentan mengalami stres. Diperlukan upaya untuk mencegah guru dan siswa (warga sekolah) dari mengalami masalah psikologis. Langkah yang bisa diambil yaitu meningkatkan kesejahteraan psikologis. Salah satu bentuk untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis yaitu berupa intervensi tingkat makro atau menciptakan sistem yang dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis. Perpustakaan sekolah dapat menjadi salah satu bentuk intervensi makro. Pengabdian masyarakat ini mencoba mengembangkan perpustakaan sekolah dengan maksud tersebut. Proses pengembangan dimulai dari meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental, peningkatan pengetahuan tentang hubungan perpustakaan dengan perpustakaan, tentang pengelolaan perpustakaan, dan pengembangan perlengkapan perpustakaan. Hasil kegiatan-kegiatan tersebut menunjukkan adanya kesadaran tentang pentingnya kesehatan mental, peningkatan pengetahuan mengenai perpustakaan dan kesehatan mental, pengetahuan tentang pengelolaan perpustakaan, dan penambahan fasilitas. Terdapat pula hasil sampingan berupa pembangunan jaringan sekolah dengan pustakawan profesional yang dapat membantu proses pengembangan perpustakaan berikutnya
Copyrights © 2022