Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa
Vol. 1 No. 4 (2022): November : Inspirasi Dunia : Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa

Model Blended Learning Pada Materi SPLDV; Eksperimentasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tondano

Ansuryani Umar (Universitas Negeri Manado)
Anetha L. F Tilaar (Universitas Negeri Manado)
Victor R. Sulangi (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini berfokus pada ekperimentasi model blended learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini membandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model blended learning dan model pembelajaran langsung. Populasi adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Tondano, dan sampel yang menjadi subjek penelitian adalah kelas VIIIA (Kelas Eksperimen) dan kelas VIIIB (Kelas Kontrol). Metode yang digunakan adalah model eksperimen semu dengan desain Randomized Subjects Posttest Only Control Group Design. Hasil analisis Uji-t mendapatkan thitung = 2,67 > ttabel = 1,68 dengan taraf nyata α = 0.05. Hal ini berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan nyang didapat adalah penggunaan model blended learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

insdun

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa: ISSN: 2963-5004 (cetak), ISSN: 2963-5438 (Online) Menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang masalah terkini dan utama yang berhubungan dengan ilmu pendidikan dan bahasa. Artikel bisa ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. ...