Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren

Pemanfaatan Edmodo dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi

Ngadinem (SMA Negeri 6, Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2022

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, ada banyak media pembelajaran berbasis internet salah satunya adalah Edmodo. Edmodo dituntut oleh siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar baik di ruang kelas maupun di luar kelas. SMA Negeri 6 Yogyakarta merupakan sekolah yang telah terbiasa dengan pembelajaran berbasis internet, salah satunya Edmodo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah fisika dan kemampuan komunikasi peserta didik kelas X MIPA 8 di SMA Negeri 6 Yogyakarta berbantuan Edmodo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 26 siswa pada materi Impuls Momentum. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan pemecahan masalah fisika dari kondisi awal 59,23 menjadi 65,96 pada siklus ke-1 dan meningkat menjadi 71,73 pada siklus ke-2. Peningkatan kemampuan komunikasi peserta didik dari kondisi awal 3,14 menjadi 3,46 pada siklus ke-1 dan meningkat 3,51 pada siklus ke-2. Penggunaan Edmodo dapat meningkatkan keterampilan pemecahan fisika dan kemampuan komunikasi siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PBPSP

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren is a journal that disseminates the results of applying theories, and concepts in building knowledge, skills, and attitudes in schools and boarding schools. This application can be in various forms and perspectives such as school action research, ...