Jurnal Genesis Indonesia
Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Genesis Indonesia

Experiment Science sebagai Pengganti Tontonan Televisi

Yunita Sapta Rachmah (Universitas PGRI Indraprasta, Jakarta, Indonesia)
Putri Roja Syahfitri (Universitas PGRI Indraprasta, Jakarta, Indonesia)
Yulika Rahmawati (Universitas PGRI Indraprasta, Jakarta, Indonesia)
Monica Merry Febriyana (Universitas PGRI Indraprasta, Jakarta, Indonesia)
Indica Yona Okyranida (Universitas PGRI Indraprasta, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2022

Abstract

Di Rumah Belajar Indonesia Kreatif ditemukan banyak anak-anak di sana yang tidak dapat merasakan bangku sekolah. Program ini bertujuan untuk mengurangi dampak anak-anak menonton acara televisi yang kurang baik. Dalam konsep experiment science experience di Rumah Belajar Indonesia Kreatif adalah dengan membuat video animasi dalam bentuk 2D yang telah di-upload di YouTube. Pada pembuatan video animasi menggunakan aplikasi Kinemaster, komputer dan hard disk. Pembuatan video animasi eksperimen untuk pelaksanaan pengabdian ini terdapat 10 judul yang telah diunggah ke YouTube, sehingga siswa dapat mengaksesnya secara daring di rumah masing-masing. Video animasi eksperimen dibuat dengan tampilan menarik dan disertai penjelasan ilmiah dan teoritis. Sehingga peserta didik mendapatkan penjelasan konsep. Dengan adanya video animasi eksperimen diperoleh dari data angket yang diberikan pada siswa sebelum pelaksaan pengabdian diperoleh 78% siswa suka menonton televisi dan 22% menyukai eksperimen sains. Setelah dilaksanakan pengabdian ini terjadi perubahan 85% anak menyukai eksperimen fisika dan 25% anak menyukai menonton televisi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JGI

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Genesis Indonesia is a journal managed by The Indonesian Institute of Science and Technology Research. True to its name: Genesis, which means "beginning of formation", this journal is aimed at students, as well as young researchers and young professionals. This journal covers various scopes, ...