Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 10, No 2 (2022): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

Mengukur Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas VII SMP Dian Harapan Daan Mogot

Anastasia Sri Suyati (Universitas Pelita Harapan, Semanggi Jakarta Pusat.)
Risma Dearni Saragih (Universitas Pelita Harapan, Semanggi Jakarta Pusat.)
Samuel Lukas (Universitas Pelita Harapan, Semanggi Jakarta Pusat.)
Whitney Mega Talahtu (Universitas Pelita Harapan, Semanggi Jakarta Pusat.)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan instrumen yang valid dan reliabel yang dapat diandalkan untuk mengukur rasa ingin tahu siswa. Metode penelitian ini adalah metode kuantitiatif. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan 5 jenis pilihan jawaban. Pilihan jawabannya adalah Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Ragu-ragu (R), Tidak Setuju (TS) dan Sangat Tidak Setuju (STS). Populasi pada penelitian ini adalah SMP Dian Harapan kelas VII. Sampel ditentukan secara random sampling yang mana seorang peneliti membagi populasi menjadi beberapa grup yang terpisah pada unit- unit tanpa mendata dengan jelas jumlah unit individual yang disebut sebagai cluster. Instrumen ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dari siswa kelas VII Sekolah Dian Harapan Daan Mogot, Jakarta sebanyak 184 responden, dengan 171 sampel. Tingkat rasa ingin tahu siswa dihitung berdasarkan lima Skala Likert, yaitu; sangat tidak setuju hingga sangat setuju dan untuk mengujinya digunakan cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat rasa ingin tahu siswa sebesar 3,75. Ditemukan juga, koefisien determinasi menunjukan indikator bertanya dan diskusi dapat menjelaskan rasa ingin tahu sebesar 99%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...