JUPADAI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Nomor 2 2022

SOSIALISASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI SEKOLAH DASAR BERBASIS INTERAKSIONIS PERSPEKTIF

Rika Afriyanti (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Armilia Riza (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2022

Abstract

Abstract The implementation of Independent Curriculum arises the English subject for Elementary Schools. As the starting point, English Subject will be taught for the first grade and fourth grade students. To run this program, the schools must be ready with facilities and the teachers. Actually, teaching young learner is not as easy as our imagination. Maybe, the teachers have enough knowledge for teaching, but they still have limited information about how or the methods that suitable for teaching young learner. It also supported with the result of discussion with the teachers who teach at Elementary Schools. They informed that they still need knowledge or information and learning how to teaching young learner. Dealing with this data, the lectures from English Department of UPGRISBA wants share the result of research that related to teaching English for young learners in community service activity. Through this community service, the team socialized the research result to the teachers especially at SD Negeri 03 Padang which deals with the lesson plan for teaching Elementary School students which based on interactionist perspective. Some of English teachers from English Teachers Organization (KKG) in Kuranji subdsitrict join in the community service. The result of this activity shows that the teachers get valuable information about how to teach English for young learner and they really appreciate this activity. Then, the model of the lesson plan gives positive effect for the teachers because it can be modified in many kinds of topics. Keywords: Lesson plan, interactionist perspective Abstrak Implementasi kurikulum merdeka memunculkan kembali mata pelajaran Bahasa Inggris bagi siswa sekolah dasar. Sebagai poin awalnya, bahasa inggris akan diajarkan pada siswa kelas 1 dan 4 SD saja sesuai dengan implementasi kurikulum merdeka. Untuk melaksanakan program ini, tentunya sekolah harus siap dengan sumber daya guru yang menjadi modal awal untuk pelaksanaan pengajaran Bahasa Inggris selain dari fasilitas sekolah. Untuk ketersedian guru Bahasa Inggris yang sesuai dengan bidangnya tidaklah sulit karena begitu banyak guru yang lulus dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Namun demikian, untuk memperoleh guru yang mengenal metode dan karakteristik siswa sekolah dasar tidaklah mudah. Berdasarkan hasil diskusi dengan beberapa guru sekolah dasar yang mengajar di Kecamatan Pauh Kota Padang, mereka merasa masih perlu mendapatkan informasi tentang cara mengajar Bahasa Inggris untuk siswa Sekolah Dasar karena setelah mereka melalui beberapa kali proses belajar mengajar, guru-guru terkendala dengan cara membuat siswa tertarik dengan pembelajaran yang dilakukan. Oleh karena itu, tim dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris melakukan pengabdian dengan tema sosialisai hasil penelitian terkait model rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk pengajaran kosakata bahasa inggris dengan menggunakan media gambar bagi siswa sekolah dasar berbasis interactionists perspektif. Pengabdian ini dilakukan pada Kelompok Kerja Guru (KKG) Bahasa Inggris di Kecamatan Kuranji yang berpusat di SD Negeri 03 Kecamatan Kuranji Kota Padang. Diakhir kegiatan guru mendapatkan informasi yang bermanfaat tentang cara pengajaran Bahasa Inggris untuk siswa sekolah dasar dan pembelajaran yang disajikan kepada siswa lebih variatif dan juga model RPP ini dapat digunakan oleh guru secara berkelanjutan pada berbagai macam topik. Kata Kunci : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Interaksionis Perspektif

Copyrights © 2022