Munculnya pandemi COVID-19 mengakibatkan pembelajaran tatap muka di sekolah tidak dapat dilakukan. Upaya yang dilakukan agar pembelajaran dapat tetap berjalan adalah dengan menrapkan pembelajaran jarak jauh dari rumah atau learn from home (LFH). Namun perubahan metode pembelajaran mengakibatkan adanya permasalahan-permasalahan yang harus dihadapi, dan masalah tersebut menimbulkan adanya kecemasan matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi kecemasan matematis siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Subjek yang dipilih adalah siswa kelas IX I. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara serta observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kecemasan matematis pada saat pembelajaran matematika secara daring yang ditandai dengan rendahnya antusias siswa pada saat pembelajaran matematika secara daring. Fenomena tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah faktor kognitif, persepsi siswa serta keadaan lingkungan belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022