Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 15, No 2 (2022): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Identifikasi Kecemasan Matematis Siswa Selama Learn From Home di MTsN 1 Pandeglang

Farouq Maulana (Universitas Sultan Ageng Tritayasa)
Sukirwan Sukirwan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Abdul Fatah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Munculnya pandemi COVID-19 mengakibatkan pembelajaran tatap muka di sekolah tidak dapat dilakukan. Upaya yang dilakukan agar pembelajaran dapat tetap berjalan adalah dengan menrapkan pembelajaran jarak jauh dari rumah atau learn from home (LFH). Namun perubahan metode pembelajaran mengakibatkan adanya permasalahan-permasalahan yang harus dihadapi, dan masalah tersebut menimbulkan adanya kecemasan matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi kecemasan matematis siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Subjek yang dipilih adalah siswa kelas IX I. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara serta observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kecemasan matematis pada saat pembelajaran matematika secara daring yang ditandai dengan rendahnya antusias siswa pada saat pembelajaran matematika secara daring. Fenomena tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah faktor kognitif, persepsi siswa serta keadaan lingkungan belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...