Among Makarti
Vol 15, No 3 (2022): AMONG MAKARTI

BUY NOW, PAY LATER: APAKAH PAYLATER MEMPENGARUHI PEMBELIAN IMPULSIF GENERASI MUDA MUSLIM?

Waluyo, Waluyo (Unknown)
Nurohman, Yulfan Arif (Unknown)
Qurniawati, Rina Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Paylater merupakan salah satu transaksi yang saat ini banyak dilakukan oleh kalangan muda. Transaksi melalui paylater dianggap praktis dan bisa mewujudkan keinginan pembelian yang belum tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pembelian impulsif kalangan muda melalui transaksi paylater. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah independen pembelian impulsif, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini meliputi shopping life style, emosi positif, diskon,persepsi risiko, dan e-servqual. Populasi yang digunakan merupakan generasi milenial dan generasi Z dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria merupakan kalangan muda tinggal di Solo Raya, berusia 18-30 tahun, dan pernah melakukan transaksi paylater di e-commerce. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan diketahui bahwa variabel shopping life style, diskon, dan persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif melalui paylater. Adapun variabel yang berpengaruh terhadap pembelian impulsif melalui paylater ialah emosi positif dan e-servqual. Generasi muda merupakan sasaran transaksi paylater karena memiliki tingkat konsumerisme tinggi. Sehingga kalangan muda perlu mempertimbangkan berbagai faktor sebelum melakukan pembelian impulsif melalui paylater.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ama

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Among Makarti adalah jurnal ilmiah bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan isu – isu terkini terkait dengan penelitian dibidang ekonomi dan bisnis. Secara khusus cakupan jurnal Among Makarti adalah : a. Di bidang bisnis, kami menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup sebagai berikut: 1. ...