cover
Contact Name
Yanuar Surya Putra
Contact Email
yanuar_suryaputra@stieama.ac.id
Phone
+62298321013
Journal Mail Official
jurnalama@stieama.ac.id
Editorial Address
Jalan Diponegoro 39 Salatiga
Location
Kota salatiga,
Jawa tengah
INDONESIA
Among Makarti
ISSN : 19797400     EISSN : 27745163     DOI : https://doi.org/10.52353
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Among Makarti adalah jurnal ilmiah bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan isu – isu terkini terkait dengan penelitian dibidang ekonomi dan bisnis. Secara khusus cakupan jurnal Among Makarti adalah : a. Di bidang bisnis, kami menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup sebagai berikut: 1. Manajemen Keuangan dan Akuntansi Keuangan 2. Manajemen Operasional. 3. Manajemen SDM dan Perilaku Keorganisasian. 4. Manajemen Pemasaran. 5. Manajemen Strategi 6. Kewirausahaan 7. Sistem Informasi Manajemen b. Di bidang Ekonomi, kami menerima artikel dengan ruang lingkup sebagai berikut: 1. Makro Ekonomi 2. Mikro Ekonomi
Articles 249 Documents
Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Personal Computer (PC) dan Dampaknya Terhadap Keahlian End User Computing (EUC) Mar'ati, Fudji Sri
AMONG MAKARTI Vol 2, No 1 (2009): AMONG MAKARTI
Publisher : Jurnal Ilmiah Among Makarti, STIE AMA Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52353/ama.v2i1.50

Abstract

Perkembangan tekhnologi informasi membawa pengaruh yang sangat besar terhadap pengunaan komputer. Dalam waktu relatif singkat, Personal Computer (PC) telah mengalami penetrasi sosial yang sama dengan telepon 75 tahun pengunaannya. Dalam beberapa bidang, telah terjadi beberapa perubahan dalam penggunaan komputer, seperti : sistem pencatatan tenaga kerja (laborius filling system) digantikan oleh sistem database, mesin tik digantikan dengan oleh word processor, mesin hitung digantikan dengan oleh lotus atau excel, dan perubahan lainnya. Perusahaan tersebut menimbulkan fenomena baru yang kemudian disebut End User Computing (EUC).Kata Kunci : PC, End User
ANALISIS PENGARUH KONDISI PSIKIS DAN KONDISI FISIK PEGAWAI PUSKESMAS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS JETAK GETASAN KABUPATEN SEMARANG Afandi, Pandi
AMONG MAKARTI Vol 2, No 1 (2009): AMONG MAKARTI
Publisher : Jurnal Ilmiah Among Makarti, STIE AMA Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52353/ama.v2i1.76

Abstract

A B S T R A C T   Psychical condition and Condition of Officer Physical become the determinant in serving society, particularly again to society of patient of PUSKESMAS Jetak Getasan of Sub-Province semarang, hence prima progressively psychical condition and condition of officer physical very supporting quality of service given. Target of this research is to know the each the variable  its influence to service quality and also result of its analysis in confirmation [of] result of previous research. Result of hypothesis test indicate that the psychical condition  officer to quality of service obtained  t-test 1,933 smaller than t-table 2,0796 or sig [of] equal to 0,067 above 0,05 so that there no influence signifikan of  condition of officer to quality of service, its meaning [is] psychical in a condition like any  officer do not influence its quality in giving service to patient PUSKEMAS. To test the hiapotesis variable of condition of physical to quality of service obtained  t-test 4,301 bigger than t-table 2,0796 or sig [of] equal to 0,00 below/under 0,05, hence condition of officer physical have an effect on the significant to quality of its meaning service is prima progressively the condition of officer physical progressively goodness of[is quality of its service and downhill progressively the condition of fficer physical  hence downhill progressively also the quality of its service. Result of test simultan obtained  F-test 15,168 bigger than equal to F-Table  equal to 3,467 by sig 0,00 below/under 0,05 ,so there are influence simultan which psychical signifikan condition variable and condition of officer physical to quality of service. Level of the influence contribution shown by result of coefficient diterminasi ( R-Square) 59,1 % and the rest 40,9  % influenced by other variable. Giving apresiasi and appreciation and improve the accomplishment of physical requirement be fitter and prima in giving service and also always sprier, empathy and listen carefully to represent the suggestion given by researcher from this research result, besides researcher also recommend  to other researcher for the follow-up of result of research in. Keyword : Psychical Condition, Condition of physical and Quality of service
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DENGAN METODE Z SCORE UNTUK MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN BANK (STUDI KASUS BANK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA) Pramono, Joko
AMONG MAKARTI Vol 2, No 1 (2009): AMONG MAKARTI
Publisher : Jurnal Ilmiah Among Makarti, STIE AMA Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52353/ama.v2i1.134

Abstract

Abstract This research intends for knowing (kinerja) the bank finance that registrated in Indonesian stock exchange 2005 – 2007. By used the  Z Score analysis  Altman, so it will has a potential for bankrupt or not.Data which used in this research is the secondary data like Bank finance report, which get from BEI website and BI website and Indonesian Capital Market Directory Report 2008, 2007, 2006. Next, that data was analyzed by used the discrimination analysis (Z score) Altman, version four variable, there are : Z = 6,56 (X1 ) + 3,26 ( X2  ) + 6,72 ( X3  ) + 1,05 ( X4   ). Z value can be categoried in three story, there are bankrupt if the value is £1,10, Grey area if the value is between 1,10 – 1,70 (it means bank still has a opportunity to become good, if the manajemen repaired mechanishm  it enterprise) and good, if the value is >2,60The research produced that in 2005 from 25 bank go public known 19 bank have a potention bankrupt and 6 bank enter in grey area category.And then in 2006 from 27 bank go public, there are 16 bank have a potention for bankrupt, 11 bank in grey area category and there only one bank which has a good category, this is Bank UOB BuanaSome bank that have a bankrupt potential turned out until this time still exist, it happened because bank mechanism evaluation did by Bank Indonesia by used the finance ratio CAMEL (Capital Asset Management Earnings Liquidity) Key Words : Financial Reports, Z Score Analysis, financial ratios
PENGUATAN USAHA KECIL MELALUI KOPERASI Gunanto, Gunanto
AMONG MAKARTI Vol 2, No 2 (2009): AMONG MAKARTI
Publisher : Jurnal Ilmiah Among Makarti, STIE AMA Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52353/ama.v2i2.4

Abstract

Usaha kecil adalah usaha yang modalnya sangat terbatas sehingga perusahaan kecil tidak mampu bersaing dengan perusahaan besar yang sejenis , untuk itu perlu penguatan agar pengusa kecil tersebut bisa bersaing dan diharapkan lebih bisa berkembang, adapun penguatan yang dilakukan adalah salah satunya melalui koperasi. Dewasa ini koperasi sudah semakin pesat perkembangannya dan telah mencakup hampir seluruh sektor kehidupan perekonomian Bangsa Indonesia. Dengan demikian, pada masa sekarang ini koperasi sangat besar peranannya dalam bidang perekonomian, begitu besar peranan koperasi, sehingga perlu melakukan sosialisasi terhadap usaha kecil agar sadar pentingnya koperasi, dan akhirnya pengusaha kecil akan membentuk kelembagaan yang bernama kopersi. Pemusatan pemusatan koperasi memang perlu dilaksanakan untuk menyukseskan usaha usaha perekonomian, secara kenyataan koperasi (sesuai dengan jenis-jenisnya) mempunyai kemampuan untuk menangani tugas tugas perekonomian bagi kepentingan masyarakat, dengan mengutamakan service undertaking dan bukan profit undertaking dan adanya pemusatan pemusatan koperasi memungkinkan koperasi melakukan usaha yang lebih besar karena koperasi dapat menghimpun modal yang lebih besar, usaha yang dilakukannya terintegrasi sehingga segala sehingga segala sesuatunya sejalan dari sejak primer sampai induk, yang tidakmemungkinkan adanya kompetisi – kompetisi yang bagaimanapun coraknya, kecuali kompetisi dalam peningkatankegairahan kerja dari para anggotanya. Kata kunci : Usaha Kecil, Koperasi.
PENGARUH PERSONAL VALUES TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN ETIS AKUNTAN PUBLIK Pramono, Hadi; Ario, Ugung Dwi
AMONG MAKARTI Vol 2, No 2 (2009): AMONG MAKARTI
Publisher : Jurnal Ilmiah Among Makarti, STIE AMA Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52353/ama.v2i2.5

Abstract

Ethical reasoning has recently received conciderable emphasis in the accounting literature. Values are believed to be a powerful force behind on the behavioral responses of individuals. Individual values play an important role in influencing the behavior and ethical decision making, but several studies have failed to provide support for effect of individual values on ethical decision making in bussines. The purpose of this study is to evaluate whether in individual values explain differing perception of moral intensity when moral agent are confronted with the same issue. Subject of this study were 100 accountant. Sample determined by purposive sampling to accountant with two years experiance.. Regression analysis was used to test hypotheses regarding relationships between values and perception of moral intensity. This study results there are not influence of individual values on respondents’ perception of moral intensity. There is the possibility that the nature of the study topic (ethics) must have detracted from influence of personal values as determinants of ethical behavior. Limitations exist when students are used as subjects. Key words: ethical behavior, individual values, perception of moral intensity
TANTANGAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DALAM ERA GLOBALISASI YANG KOMPETITIF UNTUK SIAP MENGHADAPI AKREDITASI Hakim, Lukmanul
AMONG MAKARTI Vol 2, No 2 (2009): AMONG MAKARTI
Publisher : Jurnal Ilmiah Among Makarti, STIE AMA Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52353/ama.v2i2.6

Abstract

A library has significant role at education institution not only as a supporting program for the three duty of university: as well, it is one of the elements that decide institution status in accreditation test, especially in provate university. The competitive condition amon private university has pushed the library to take part together in succeeding their institutional program. A good library will be visited by students from various university, “this will promote its institution name indirectly”. The problem now is, do the present private universities library now, are able to give an active role to face their challenge in this competitive globalization era and ready to ace accreditation test? Key word: private university, library, accreditation
PERUBAHAN MODEL MANAJEMEN KARIER : A THEORETICAL REVIEW Putra, Yanuar Surya
AMONG MAKARTI Vol 2, No 2 (2009): AMONG MAKARTI
Publisher : Jurnal Ilmiah Among Makarti, STIE AMA Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52353/ama.v2i2.7

Abstract

Human Resources Divison have a very important role in an Organization, especially in designing a career path and improving the quality of all Human Resources in Organization, in other words Human Resources peoples have to create a career management process to all employees. According to Kanter ( 1995 ) the evolving and changes in economic and business world cause a greater continuing job dislocation, insecurity, and job requirement, that also will lead into changes in employees world. So the important of Career Management should be considerable to all Human Resources peoples. This article will discuss about management career models that suitable with global changes and how employees can develop their career path to gain a better future. Keywords : Management Career Model, Human Resources Management
PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN PADA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMA SALATIGA Murgijanto, Edi
AMONG MAKARTI Vol 2, No 2 (2009): AMONG MAKARTI
Publisher : Jurnal Ilmiah Among Makarti, STIE AMA Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52353/ama.v2i2.8

Abstract

Dosen sebagai pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian kinerja seorang dosen tidak hanya mengajar, tetapi juga melaksanakan penelitian dan berbagai kajian ilmiah serta pengabdian kepada masyarakat. Salah satu sasaran penting dalam mengelola sumber daya manusia dalam suatu organisasi adalah terciptanya kepuasan kerja anggota organisasi yang bersangkutan yang lebih lanjut akan meningkatkan kinerja. Kepuasan kerja merupakan penilaian atau cerminan dari perasaan para dosen terhadap pekerjaannya. Hal ini nampak dalam sikap positip dosen terhadap pekerjaannya dan segala sesuatu yang dihadapi dilingkungan kerjanya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga. Hasil dari penelitian ini yang ditunjukkan dengan Uji hipotesis pengaruh variabel kepuasan kerja terhadap kinerja dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga, diperoleh nilai t-hitung (5,393) > t-tabel (2,069) dan sig 0,000 serta dengan persamaan regresi linier sederhana Y = 15,392 + 0,828 X. Dengan demikian pernyataan hipotesis penelitian “Ada pengaruh yang signifikan antara kepuasan kerja terhadap kinerja dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga” dapat diterima serta berpengaruh secara positip. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa perbaikan kepuasan kerja akan meningkatkan kinerja dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga. Kata kunci : Kepuasan Kerja, Kinerja Dosen
KIPRAH KOPERASI DALAM MENGHADAPI PERDAGANGAN BEBAS Suhartono, Iman
AMONG MAKARTI Vol 2, No 2 (2009): AMONG MAKARTI
Publisher : Jurnal Ilmiah Among Makarti, STIE AMA Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52353/ama.v2i2.9

Abstract

Pengembangan bidang ekonomi secara tegas sangat menginginkan terwujudnya demokrasi ekonomi untuk kemakmuran seluruh masyarakat. Mengacu pada kondisi tersebut di atas, maka rekayasa kelembagaan yang diperlukan adalah kelembagaan yang bukan saja mampu mendorong perkembangan bisnis memasuki pasar terbuka, melainkan juga mampu memberi makna yang lebih besar bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan dimasukkan kerjasama sebagai salah satu prinsip dasar Koperasi Indonesia. Hal ini secara langsung akan memungkinkan koperasi untuk mengembangkan jaringannya usaha bukan saja kerjasama sesama koperasi, melainkan juga kerja sama koperasi dengan badan usaha lain baik skala lokal, nasional, maupun internasional. Kata Kunci : Koperasi, Perdangangan Bebas
ANALISA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG ( Studi Kasus : Kegiatan Ekspor Barang ) Hermanto, Andi Wahyu
AMONG MAKARTI Vol 2, No 2 (2009): AMONG MAKARTI
Publisher : Jurnal Ilmiah Among Makarti, STIE AMA Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52353/ama.v2i2.10

Abstract

Pertumbuhan Industri di Jawa Tengah telah meningkatkan nilai ekspor pada tahun 2001. Komoditi unggulan dari propinsi ini adalah mebel kayu, tekstil dan produk jadinya, plastik dan produk jadinya, elektronik dan lain sebagainya. Potensi daerah yang demikian besar tersebut haruslah didukung dengan sarana dan prasarana transportasi yang memadai bila ingin berkembang, salah satu fasilitas yang ada di kota Semarang adalah Terminal Peti Kemas Semarang. Untuk dapat menciptakan suatu perusahaan menjadi salah satu perusahaan yang solid, diperlukan pemikiran yang cermat mengenai strategi pelayanan terhadap konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan Terminal Peti Kemas Semarang dalam dimensi Penampilan Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Tanggap (Responsiveness), Kepastian (Assurance), dan Empati (Emphaty). Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 70 orang responden pengguna jasa ekspor barang melalui TPKS. Penyebaran kuesioner dilakukan di kantor TPKS pada saat jam kerja. Untuk mengukur tingkat kepuasan responden/konsumen terhadap pelayanan yang diberikan pihak TPKS digunakan metode Importance Performance Analysis atau Analisa Tingkat Kepentingan dan Kinerja Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan hasil analisa dan pengolahan data kuesioner disimpulkan bahwa untuk kegiatan ekspor terdapat dua faktor yang menurut responden menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan karena belum memuaskan, yaitu : Kemampuan karyawan TPKS untuk cepat tanggap dalam menghadapi keluhan/masalah yang timbul dari customer/pengguna jasa (dengan tingkat kesesuaian kinerja dan kepentingan 80,83%), dan Pelayanan operator bongkar muat Peti Kemas yang cepat dan tepat (waktu pelayanan ekspor) (dengan tingkat kesesuian kinerja dan kepentingan 84,68%). Presentasi tingkat kepuasan untuk pengguna jasa ekspor adalah 13% sangat memuaskan, 46% memuaskan, 40% biasa, 1% kurang memuaskan dan 0% tidak memuaskan. Kata-kunci : Terminal peti-kemas, kepuasan konsumen, Importance Performance Analysis.

Page 1 of 25 | Total Record : 249