Tanra : Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
Vol 9, No 3 (2022): September - Desember

PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY BUMDES DARUSSALAM, DESA BURAI, KECAMATAN TANJUNG BATU, KABUPATEN OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN

Aji Windu Viatra (Universitas Indo Global Mandiri)
M. Edo Pratama Putra (Universitas Indo Global Mandiri)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

AbstrakPenciptaan ini bertujuan untuk merancang Corporate Identity yang memberikan citra yang baik bagi Bumdes Darussalam. Data riset kualitatif sebagai pendalaman informasi terkait dengan latar belakang, dan pandangan masyarakat. Bumdes Darussalam merupakan usaha desa di Desa Burai, yang dibangun untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Permasalahan yang terjadi pada Bumdes ini adalah belum ada identitas visual sebagai citra brand. Upaya mengatasi permasalahan tersebut peneliti membuat sebuah perancangan corporate identity. Perancangan dilakukan dengan dua tahap besar: (1) Perancangan, pada tahap ini dilakukan analisis SWOT, brainstorming, pengolahan data verbal dan visual, (2) Konsep Perancangan pada tahap ini dilakukan perencanaan kreatif, media, dan tata desain. Adapun metode visualisasi desain dirancangan dengan idea layout, rough layout, comprehensive layout, dan final desain. Visualisasi desain mengangkat gagasan nilai-nilai lokal dan sumber daya alam Desa Burai berupa penggunaan dari stilasi bentuk peta desa, kubah masjid, dan wujud inisial B. Hasil perancangan ini diharapkan dapat membangun citra positif dan menunjang eksistensi Bumdes Darussalam yang lebih baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tanra

Publisher

Subject

Arts

Description

Jurnal TANRA ini diterbitkan 3 kali diterbitkan untuk mengembangkan keilmuan dan keprofesian desain komunikasi visual dengan segala aspek keilmuannya. Desain komunikasi visual, desain komunikasi visual dan komunikasi, desain komunikasi visual dan teknologi informasi. Artikel yang dikelola dengan ...