HUMANIKA
Vol 29, No 2 (2022): December

Homo Religiosus dalam Perspektif Filsafat Pendidikan

Sri Rahayu Wilujeng (Fakultas Filsafat , Universitas gadjah Mada)
M. Mukhtasar Syamsuddin (Fakultas Filsafat, Universitas Gadjah Mada)
RR Siti Murtiningsih (Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Ada banyak tesis tentang manusia, tetapi ada dua tesis yang sangat mendasar yaitu manusia sebagai homo religiosus dan manusia sebagai animal educandum. Dua tesis ini menyentuh aspek penting dalam hidup manusia. Objek material penelitian ini adalah homo religiosus, dan objek formal yang dipergunakan adalah filsafat pendidikan. Landasan terori yang digunakan adalah teori Mircea Eliade. Penelitian ini bertujuan: 1. Mendapatkan gambaran makna dari homo religiosus, 2. Menemukan pemahaman apa peran homo religiosus dalam pendidikan. Penelitian ini adalah penilitian filsafat dengan model studi pustaka. Metode yang digunakan adalah metode hermeneutika dengan unsur-unsur metodis: interpretasi, analisa, idealisasi, dan diskripsi. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah adanya hubungan manusia sebagai homo religiosus dan animal educandum. Homo religiosus merukapan landasan bagi suatu filsafat pendidikan teistik. Homo religious sebagai ontologi, orientasi dan tujuan dari pendidikan. Homo religiosus membuat pendidikan menjadi bermakna.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

humanika

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Humanika ISSN 2502-5783 (online), ISSN 1412-9418 (print) is an open access and peer-reviewed journal published by Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia. This Journal published twice a year (January-June and July-December).The scope of journal is: Literature, Linguistics, History, ...