Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 11, No 3 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Analisis Strategi Guru Bahasa Indonesia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 11 Malang

Hana Nathasia (Universitas)
Machrus Abadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X di SMK Negeri 11 Malang dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancar dan observasi. Hasil penelitian dibagi menjadi tiga bagian, yaitu perencanaan, proses, dan penilaian pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan pembelajaran guru perlu membuat Modul Ajar yang digunakan secara mandiri. Proses pembelajaran dibagi menjadi tiga tahapan yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan guru melakukan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Pada kegiatan inti guru memberikan pengajaran dengan strategi yang meliputi pemilihan model, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Pada kegiatan penutup guru memberikan penugasan dan kesimpulan. Pada penilaian/evaluasi pembelajaran IKM menggunakan dua jenis asesmen, yaitu formatif dan sumatif. Dari tiga tahapan tersebut dapat disimpulkan bahwa guru sudah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Panduan Pembelajaran dan Asesmen 2021 oleh Kemendikbud Ristek.Kata kunci: Strategi pembelajaran, Implementasi Kurikulum Merdeka

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...