Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X di SMK Negeri 11 Malang dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancar dan observasi. Hasil penelitian dibagi menjadi tiga bagian, yaitu perencanaan, proses, dan penilaian pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan pembelajaran guru perlu membuat Modul Ajar yang digunakan secara mandiri. Proses pembelajaran dibagi menjadi tiga tahapan yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan guru melakukan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Pada kegiatan inti guru memberikan pengajaran dengan strategi yang meliputi pemilihan model, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Pada kegiatan penutup guru memberikan penugasan dan kesimpulan. Pada penilaian/evaluasi pembelajaran IKM menggunakan dua jenis asesmen, yaitu formatif dan sumatif. Dari tiga tahapan tersebut dapat disimpulkan bahwa guru sudah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Panduan Pembelajaran dan Asesmen 2021 oleh Kemendikbud Ristek.Kata kunci: Strategi pembelajaran, Implementasi Kurikulum Merdeka
Copyrights © 2022