Resona : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat
Vol 6, No 2 (2022)

UPAYA PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF SEKTOR WISATA KULINER KAMPUNG SINGKONG

Samtono Samtono (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia)
Enik Rahayu (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia)
Yustina Denik Risyanti (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh tim STIEPARI Semarang dalam rangka pengupayaan terhadap optimalisasi pelaku usaha sektor wisata kuliner makanan tradisional. Tujuan pengabdian memberikan pendampingan kepada pelaku usaha di kampung singkong untuk meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia dalam meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan usaha wisata kuliner dalam mendukung ekonomi kreatif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu sosialisasi atau penyuluhan dan pelatihan dengan menggandeng mitra komunitas pelaku kuliner di kampung Singkong, kelurahan Ledok sejumlah 11 orang, evaluasi yang dilakukan setelah kegiatan pengabdian selesai berupa pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan usaha, hal ini dilakukan dalam upaya menambah wawasan dalam mewujudkan daya Tarik wisata kuliner. Hasil yang dicapai adanya peningkatan pengetahuan pelaku usaha menerapkan tata Kelola wisata kuliner dan pemahaman Sapta pesona, diwujudkannya tata bangunan drainase yang layak, menerapkan strategi pemasaran yang berlanjut untuk memiliki perilaku berwirausaha, diwujudkannya tata kelola area parkir lebih teratur dan layak, bertambahnya pelaku usaha yang mampu meningkatkan produktivitas dalam sektor wisata kuliner.  Abstract. This community service activity was carried out by the STIEPARI Semarang team in an effort to optimize business actors in the traditional food culinary tourism sector. The purpose of the service is to provide assistance to business actors in the cassava village to improve the ability of Human Resources in improving the ability to manage culinary tourism businesses in supporting the creative economy. The method used in this activity is socialization or counseling and training by cooperating with community partners of culinary actors in the village of Singkong, Ledok village of 11 people, the evaluation carried out after the service activities are completed in the form of knowledge and skills in business management, this is done in an effort to add insight in realizing the attraction of culinary tourism. The results achieved are an increase in the knowledge of business actors in implementing culinary tourism governance and understanding of Sapta Pesona, the realization of a proper drainage building, implementing a sustainable marketing strategy to have entrepreneurial behavior, the realization of a more organized and proper parking area management, increasing number of business actors who are able to increase productivity in the culinary tourism sector.

Copyrights © 2022