Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan pembelajaran dengan menggunakan teori humanistik di sekolah dasar khususnya di kelas bawah dimana proses belajar mengajarnya hanya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana guru dapat mengintegrasikan pembelajaran tematik terpadu ke dalam teori humanistik. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Target penelitian ini adalah guru kelas 3 di salah satu sekolah dasar negeri di daerah Banten. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru belum sepenuhnya menggunakan teori pembelajaran humanistik, tetapi lebih menitikberatkan pada pengembangan karakter peserta didik dengan mengajari mereka bagaimana bersosialisasi dengan baik di lingkungannya dan memberikan pembelajaran yang nyaman bagi peserta didik dengan memberikan keleluasaan untuk menghasilkan keterampilan berinteraksi di kelas, sehingga peserta didik memiliki pengalaman belajar yang berharga dan memiliki kesempatan untuk menjadi lebih kreatif dalam memahami materi pembelajaran.
Copyrights © 2022