Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
Vol 13, No 2 (2022): Desember

Importance Performance Analysis dalam Pengukuran Kepuasan Pasien pada Puskesmas melalui KepPA

Iwan Purwanto (Universitas Trisakti)
Dedy Sugiarto (Universitas Trisakti)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. karena berdasarkan unsur dasar kesehatan tersebut, manusia akan sangat sulit untuk melakukan aktifitasnya. Guna melakukan Pengontrolan dan penanganan terhadap permasalahan kesehatan, pemerinta menyediakan suatu Lembaga pelayanan bagi kesehatan masyarakat berdasarkan beberapa klaster. Klaster terendah dapat dilakukan melalui pelayanan Pusat Pembantu Kesehatan (PusTu), setalah itu Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Rumah sakit Rujukan (Type C) dan Rumah sakit Rujukan (Type B dan A). Mengingat pentingnya manfaat pelayanan kesehatan bagi masyarakat, makan menggerakan penulis untuk melakukan penelitian yang berorientasi pada pelayanan kesehatan pada Lembaga pelayanan kesehatan tingkat dasar sedang (Puskesmas). Dalam penelitian ini penulis lebih memfokuskan pada konsep pemenuhan kepuasan pasien terhadap suatu layanan yang ada di Pusat Kesahatan Masyarakat atau yang sering dikenal dengan nama lain PUSKESMAS. Puskesmas merupakan salah satu pusat layanan kesehatan yang berada di tengah masyarakat, yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat pada garda terdepan Salah satu puskesmas type C yang menjadi suatu objek adalah puekesmas yang menyediakan layanan rawat inap dan rawat jalan dengan pemenuhan pasien BPJS. Penelitian ini akan merancang suatu sistem yang bertujuan untuk melakukan penilaian kepuasan pelanggan dengan luaran akhir berupa rekomendasi. Pengukuran kualitas layanan dalam penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk memetakan hubungan antara kepentingan dengan kinerja dari masing-masing atribut yang ditawarkan dan kesenjangan antara kinerja dengan harapan dari atribut-atribut penunjang. Penambangan data akan dikaitkan dengan sistem yang tertanam dalam sistem inteligent bisnis (business intelligence). Temuan yang dihasilkan berdasarkan penelitian ini menunjukan bahwa Puskesma telah memberikan penlayanan dan pemenuhan kebutuhan pendukung pelayanan baik kualitas 1 dan 2 dengan penilaian baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

explore

Publisher

Subject

Other

Description

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika menyajikan artikel/naskah dalam bidang teknologi informasi khususnya dalam Fokus pada 5 kelompok keilmuan di Informatika yaitu : Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Sistem Informasi, Jaringan, Multimedia dan ...