MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 9 No 4 (2022): Desember

Analisis Penggunaan Metode Pembiasaan dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2022/2023

Riris Arilla Nur (Institut Islam Mamba’ul ’Ulum Surakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Pendidikan karakter bukan hanya tentang mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Selanjutnya, pendidikan karakter juga harus mengajarkan kebiasaan. Hal-hal baik apa yang perlu dipahami siswa (secara kognitif) dapat memahami dan bertindak atas dasar nilai benar dan salah. Sebagai tujaun pendidikan yaitu membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ,berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk membentuk karakter siswa perlu adanya program dan kegiatan yang direncanakan agar nantinya apa yang kita programkan dapat berjalan dan tercapai tujuan kita buat. Pendidikan dikatakan berhasil jika siswa mampu menerapkan apa yang di terima di sekolah dalam kehidupan sehari-hari. Selain program kegiatan, metode dalam pembentukan karakter siswa juga berperan penting artinya apakah metode yang kita gunakan itu sesuai dengan karakter yang kita kembangkan sehingga tujuan pendidikan yang tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tercepai.

Copyrights © 2022