Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Pentingnya Deteksi Dan Intervensi Dini dengan Implementasi AVT Pada Perkembangan Anak Speech Delay dengan Sensorineural Hearing Loss

Zamrotu Iva Purwanti (Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya Jawa Timur, Indonesia)
Neni Asmawati Putri (Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya)
Eka Marta Puspita Rini (Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya)
Romdhoni Romdhoni (Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya)
Ahmad Suryawan (Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Pendahuluan: Delayed Speech adalah keterlambatan proses bicara seorang anak dibandingkan dengan proses bicara anak seusianya dan merupakan masalah utama yang sebagian besar diakibatkan oleh gangguan pendengaran. American Academy of Pediatrics (AAP) dan Joint Committee on infant Hearing (JCIH) 2007 merekomendasikan gangguan pendengaran kongenital terdiagnosis sebelum usia 3 bulan dan mendapat intervensi sebelum usia 6 bulan. Hal ini berkaitan dengan fase kritis perkembangan bahasa yang dimulai dari 6 bulan pertama kehidupan dan terus berlanjut sampai usia 2 tahun. Auditory Verbal Therapy (AVT) sebagai intervensi dini memaksimalkan penggunaan sisa pendengaran dengan alat bantu dengar atau implant koklea untuk deteksi suara. Semua elemen-elemen penting dari intervensi dini yang efektif dapat ditemukan di dalam AVT. Tujuan: Mengetahui dampak deteksi dan intervensi dini dengan implementasi AVT bagi perkembangan anak speech delay dengan gangguan pendengaran. Metode: Literature review ini bersumber dari berbagai artikel penelitian, laporan kasus, dan website yang bereputasi yang diterbitkan pada tahun 2017 - 2022. Sumber diakses melalui google schoolar, Science direct, dan website-website bereputasi, seperti WHO dan JCIH. Pencarian artikel dibantu dengan penggunaan kata kunci, kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil: Ditentukan 7 sumber artikel yang layak dan relevan untuk digunakan setelah melewati tahap critical appraisal. Kesimpulan: Berdasarkan beberapa penjelasan dan bukti yang ditemukan, intervensi dini dengan teknologi pendengaran baik alat bantu dengar (ABD) maupun coclear implant dan penerapan Auditory Verbal Therapy memberikan dampak yang positif bagi perkembangan anak speech delay dengan SNHL dan memungkinkan anak untuk memiliki kemampuan berbahasa yang setara dengan anak seusianya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...