Counseling and Humanities Review
Vol 2, No 1 (2022): Counseling and Humanities Review

Subjective Well-Being siswa pengguna Tiktok berdasarkan perbedaan intensitas penggunaan

Annisa Fortuna Ramadhani (Universitas Negeri Padanag)
Rezki Hariko (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Peningkatan subjective well-being sangat penting oleh setiap siswa. Ketika siswa memiliki subjective well-being rendah akan dapat berdampak negatif pada dirinya sendiri dan orang-orang disekitarnya. Fenomena yang terjadi terdapat beberapa siswa yang membandingkan hidup mereka dengan orang lain yang menimbulkan perasaan tidak puas dengan kehidupan, stres, depresi, kecemasan dan penyimpangan perilaku. Salah satu faktor yang mempengaruhi subjective well-being siswa yaitu intensitas penggunaan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan subjective well-being siswa dan intensitas penggunaan media sosial TikTok, serta menguji perbedaan subjective well-being siswa pengguna TikTok dengan intensitas tinggi dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan komparatif dengan subjek penelitian 77 siswa yang menggunakan TikTok dengan intensitas rendah dan 88 siswa yang menggunakan TikTok dengan intensitas tinggi. Penelitian ini menggunakan instrumen angket yang disusun dengan menggunakan model skala likert. Data diolah dengan teknik statistik deskriptif dan untuk uji perbedaan digunakan rumus uji t. Hasil penelitian mengungkapkan terdapat perbedaan signifikan antara subjective well-being siswa pengguna TikTok berdasarkan intensitas penggunaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

chr

Publisher

Subject

Humanities Education Neuroscience Other

Description

The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling and humanities ...