Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Vol 5, No 3 (2022): November 2022

EFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN (STUDI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA TEBING TINGGI)

Remi Remi (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Indra Prasetia (Unknown)
Amini Amini (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2022

Abstract

Fokus penelitian ini yakni manajemen pembelajaran daring berbasis Web yang ada di sekolah dan terhadap hasil belajar siswa di MAN Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif yang secara spesifik lebih diarahkan pada penggunaan metode campurana. Sedangkan data kuantitatif dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi hasil belajar siswa. Temuan penelitian secara kualitatif dan kuantitatif menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran daring di MAN Tebing Tinggi efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan aspek perencanaan, menunjukan perencanaan pembelajaran daring dilaksanakan dengan melibatkan semua guru. Kepala sekolah dan wakil kepala berfungsi sebagai penanggung jawab dalam perencanaan dan mengontrol jalannya pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring di MAN Tebing Tinggi dilakukan dengan menggunakan E-learning, dan dalam pelaksanaannya dapat dilakukan secara fleksibel. Mengingat sekolah belum dapat melakukan tatap muka secara umum, maka kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat diberbagai tempat, namun bagi guru tetap berada dilingkungan sekolah. Dalam penilaian atau evaluasi, bahwa pengontrolan pembelajaran daring dapat telaksana dengan baik, namun juga tidak menutup kemungkinan terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Hal ini dibatasi oleh pembelajaran yang tidak mempertemukan guru dan siswa secara tatap muka. Sehingga guru kesulitan dalam mengontrol pembelajaran siswa. Tidak hanya itu, bahkan guru beranggapan bahwa ketika murid sudah membaca tugas yang diberikan dan telah membalas tugas tersebut, maka di anggap bahwa siswa telah memahami pembelajaran tersebut. Selain itu bahwa berdasarkan persepsi siswa bahwa manajemen pembelajaran daring di MAN Tebing Tinggi memberikan pengaruh pada hasil belajar siswa, yakni sebesar 9,8%. Meskipun nilai pengaruhnya dalam kriteria rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

biblio

Publisher

Subject

Education

Description

The Biblio Couns Journal is a scientific journal in the field of Counseling and Education studies. The journal is published in three editions published a year, namely march, july, august. Biblio Couns is published by the Guidance and Counseling Study Program of the Faculty of Teacher Training and ...