Permasalahan pada penelitian ini adalah kurang adanya pengembangan bahan ajar. Tujuannya untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar berbasis model pembelajaran CLIS seri AKM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Penelitian ini adalah research and development dengan desain dari Borg and Gall 10. Uji kevalidan dilakukan oleh ahli dengan nilai 92% untuk aspek materi dan 90% untuk aspek bahan ajar yang keduanya masuk dalam kategori sangat valid. Uji kepraktisan didapatkan dari angket siswa dan guru yang dinyatakan praktis oleh siswa dengan memperoleh rata-rata nilai 88,96 masuk kategori sangat baik dan respon kepraktisan/keterbacaan praktisi oleh guru kelas memperoleh nilai 88,75 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penilaian teman sejawat diperoleh skor dengan interval 90 masuk kategori sangat baik. Hasil uji paired sampe t test adalah 0,000. Nilai n gain yang diperoleh 0,45 dengan kategori peningkatan sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis model pembelajaran CLIS seri AKM yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif sehingga sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SD. Kata Kunci: Bahan Ajar, Literasi Sains, Model CLIS
Copyrights © 2022