Saat ini, alat permainan edukatif khusus untuk anak-anak autis masih sangat jarangditemukan, dan seringnya masih disamakan dengan anak-anak normal. Padahal,anak-anak berkebutuhan khusus membutuhkan alat-alat edukatif yang juga khusus.Sebagian besar alat-alat edukatif untuk anak-anak autis yang telah dibuat adalah alatalat berteknologi tinggi dan hanya melatih anak-anak autis dalam hal berkomunikasidan bersosialisasi. Untuk itu, penelitian ini membahas tentang rancangan alat derethitung untuk anak-anak autis sebagai alat permainan edukatif dengan menggunakanmetode QFD dan Usability Testing. Penelitian ini melibatkan anak-anak autis dari SLBPelita Hati dan SLB Cipta Anugerah di Jakarta Timur. Hasil dari rancangan alat derethitung ini berupa prototipe berteknologi tinggi yang sesuai dengan sifat dankebutuhan anak-anak autis. Metode Usability Testing dilakukan dengan memberikankuesioner kepada para guru sambil dipersilakan menggunakan prototipe alat derethitung ini. Didapatkan hasil bahwa alat deret hitung untuk anak-anak autis haruslahtidak memiliki sudut-sudut tajam, dan alat permainan edukatif yang tidak anti air tidakakan mempengaruhi proses belajar mengajar di kelas.Kata kunci: Alat deret hitung; alat permainan edukatif; autis; QFD; Usability Testing.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019