Biology and Education Journal (BaEJ)
Vol. 1 No. 1 (2020): Biology and Education Journal

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI KELAS VIII SMPN 03 PANGKALAN KURAS AJARAN 2018/2019.: Indonesia

tia aryanti (Universitas Islam Riau)
Elfis Elfis (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII C SMP 03 Pangkalan Kuras Tahun Ajaran 2018/2019 dalam penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition). Penelitian merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data berupa deskriptif yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan April 2019, data yang diperoleh merupakan hasil belajar siswa yang dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII C SMP 03 Pangkalan Kuras yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Daya serap hasil belajar siswa sebelum PTK adalah 72,46%, daya serap sesudah PTK siklus I yaitu 80,80% mengalami peningkatan sebesar 8,34%, pada siklus II daya serap siswa adalah 84,89 dan mengalami peningkatan sebesar 4,09% , hasil belajar KI sebelum PTK adalah 77,46%, daya serap KI sesudah PTK siklus I yaitu 78,18% mengalami peningkatan sebesar 0,72%, sedangkan pada siklus II daya serap KI siswa adalah 81,11% mengalami peningkatan sebesar 2,93%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan belajar mengajar dengan penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C SMPN 03 Pangkalan Kuras Tahun Ajaran 2018/2019.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

baej

Publisher

Subject

Education

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the Biology (nature science) and Biology Education. Biology and Education Journal particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of ...