JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen)
Vol 6, No 2 (2022): JPEKBM (DESEMBER,2022)

PENERAPAN LEMBAR TUGAS MAHASISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOLABORATIF

Asmuni, Asmuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2023

Abstract

Lembar Tugas Mahasiswa (LTM) merupakan lembaran yang berisi tugas yang diberikan dosen pengampu matakuliah untuk dikerjakan oleh mahasiswa berisi petunjuk, langkah penyelesaian suatu masalah, masalah yang diperintahkan dalam rangka mencapai kompetensi tertentu. LTM dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang dapat mendukung optimalisasi pembelajaran kolaboratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan efektivitas penerapan LTM sebagai media pembelajaran kolaboratif dalam rangka mempermudah mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, serta membantu mahasiswa menentukan kisaran dan penguasaan bahan ajar dalam proses pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sampel penelitian adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan STKIP PGRI Jombang, Jawa Timur, Indonesia yang mengikuti perkuliahan matakuliah Filsafat Pendidikan dan matakuliah Evaluasi Pembelajaran pada semester genap tahun akademi 2021/2022. Berdasarkan analisis, penerapan LTM sebagai media pembelajaran kolaboratif dapat membantu mahasiswa dalam proses belajar kolaboratif, serta membantu penguasaan bahan ajar secara mendalam

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) dengan E-ISSN 2581-0707 merupakan open access peer reviewed journal yang diterbitkan oleh Program Studi pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang. JPEKBM memuat artikel yang fokus pada pendidikan ekonomi, kewirausahaan, bisnis, dan ...