Lembar Tugas Mahasiswa (LTM) merupakan lembaran yang berisi tugas yang diberikan dosen pengampu matakuliah untuk dikerjakan oleh mahasiswa berisi petunjuk, langkah penyelesaian suatu masalah, masalah yang diperintahkan dalam rangka mencapai kompetensi tertentu. LTM dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang dapat mendukung optimalisasi pembelajaran kolaboratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan efektivitas penerapan LTM sebagai media pembelajaran kolaboratif dalam rangka mempermudah mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, serta membantu mahasiswa menentukan kisaran dan penguasaan bahan ajar dalam proses pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sampel penelitian adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan STKIP PGRI Jombang, Jawa Timur, Indonesia yang mengikuti perkuliahan matakuliah Filsafat Pendidikan dan matakuliah Evaluasi Pembelajaran pada semester genap tahun akademi 2021/2022. Berdasarkan analisis, penerapan LTM sebagai media pembelajaran kolaboratif dapat membantu mahasiswa dalam proses belajar kolaboratif, serta membantu penguasaan bahan ajar secara mendalam
Copyrights © 2022