Latar Belakang: E-book dan video pendidikan dapat digunakan untuk membantu remaja memahami nilai aktivitas fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan efektivitas pendidikan kesehatan yang disampaikan melalui video dan e-book sebelum dan sesudah terapi. Subjek dan Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan pendekatan Pretest-Posttest with Control Group. Subyek penelitian ini terdiri dari 50 responden siswa. Obyek yang diteliti pada penelitian ini yaitu efektivitas media video animasi dan e-book terhadap pemahaman aktifitas fisik. Hasil: Skor mean didapati kelompok media video animasi 26.60 dan kelompok media video animasi 23.00. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test didapati, skor signifikansi pada kelompok video animasi <0,001 , dan kelompok e-book <0,001. Kesimpulan: Edukasi online menggunakan Video animasi dan e-book efektif dalam peningkatan pemahaman mengenai pentingnya aktivitas fisik pada remaja Kata kunci: Remaja, Media Edukasi, Video Animasi, E-book, Aktifitas fisik.
Copyrights © 2022