Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI)
Vol 8 No 2 (2022): Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia

EFEKTIVITAS EDUKASI ONLINE MENGGUNAKAN VIDEO DAN E-BOOK SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN PEMAHAMAN MENGENAI PENTINGNYA AKTIVITAS FISIK PADA REMAJA

Zaky Adib Fajari (Unknown)
Siti Asiyah (Unknown)
wandi - (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Latar Belakang: E-book dan video pendidikan dapat digunakan untuk membantu remaja memahami nilai aktivitas fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan efektivitas pendidikan kesehatan yang disampaikan melalui video dan e-book sebelum dan sesudah terapi. Subjek dan Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan pendekatan Pretest-Posttest with Control Group. Subyek penelitian ini terdiri dari 50 responden siswa. Obyek yang diteliti pada penelitian ini yaitu efektivitas media video animasi dan e-book terhadap pemahaman aktifitas fisik. Hasil: Skor mean didapati kelompok media video animasi 26.60 dan kelompok media video animasi 23.00. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test didapati, skor signifikansi pada kelompok video animasi <0,001 , dan kelompok e-book <0,001. Kesimpulan: Edukasi online menggunakan Video animasi dan e-book efektif dalam peningkatan pemahaman mengenai pentingnya aktivitas fisik pada remaja Kata kunci: Remaja, Media Edukasi, Video Animasi, E-book, Aktifitas fisik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIKI

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia is a journal to disseminate various scientific papers on health development and other research of health also disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of health ...