YUME : Journal of Management
Vol 5, No 3 (2022)

Identifikasi Masalah dan Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Komik Peserta Didik Kelas IX Di SMP Negeri 4 Tondano Kabupaten Minahasa

Susana A.P Sumuweng (PPs STIE Amkop Makassar)
Edwin Wantah (Unknown)
Lihard S. Lumampow (Unknown)
Nikolas F. Wuryaningrat (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Komik Digital untuk meningkatkan Kemampuan Literasi peserta didik, (2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ekonomi. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D meliputi empat tahap yaitu Define, Design, Development and Dissemination. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 9B yang ada di SMP N 4 Tondano. Pada tahap awal pengembangan Define dimulai dengan mengidentifikasi masalah dan analisis kebutuhan dari peserta didik yang dilakukan peneliti untuk mengkaji keadaan di sekolah khususnya di kelas subjek penelitian dengan tujuan untuk mengetahui bahwa pengembangan media pembelajaran berupa Komik Digital sangat dibutuhkan. Pendefinisian yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah pemetaan kebutuhan belajar peserta didik. Dalam hal ini peneliti akan melakukan studi pendahuluan melalui wawancara dan penyebaran angket. Hasil identifikasi masalah dan analisis kebutuhan adalah memahami materi IPS relatif sulit dan ketersediaan media pembelajaran kurang memadai Kata Kunci: Pembelajaran Ekonomi, Berbasis Komik, Media Pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...