Permasalahan yang peneliti temukan di sekolah kelas IV SD Negeri 5 Kalirejo Kec. Lawang adalah guru kurang memanfaatkan model dan media pembelajaran. Sehingga berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara signifikan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media pembelajaran kartu kapsul positif dan negatif pada siswa kelas IV di SD Negeri 5 Kalirejo Kecamatan Lawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan Quasi Experimental Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi siswa kelas IV A sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B sebanyak 21 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes. Teknis analisis data yag digunakan pada penelitian adalah uji homogenitas, normalitas dan uji t. Hasil penelitian menghasilan siswa lebih aktif dalam pembelajaran, dapat lebih aktif dalam mengusulkan ide-ide dalam berkelompok, aktif dalam menjawab soal yang telah diberikan. Penggunaan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media kartu kapsul positif dan negatif berpengaruh dalam mencapai hasil belajar siswa yang sesuai dengan KKM. Hasil belajar mengalami perubahan yang diperoleh siswa dengan menguji pretest dan posttest menggunakan model NHT berbantuan media. Hal ini terbukti dari nilai hitung pada penelitian adalah sebesar -2.320 dengan nilai sig 0,025<0,05.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022