Tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk membuktikan secara empirik tentang peningkatan kemampuan mendesain pembelajaran berbasis kecakapan abad 21 setelah mengikuti pelatihan dengan menggunakan teknik Tediprasi pada peserta Pelatihan Jarak Jauh guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Angkatan I Tahun 2021 pada Balai Diklat Keagamaan Semarang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pada aspek critical thinking sebesar 74,36%, aspek communication sebesar 71,79%, aspek creativity sebesar 73,74% dan aspek collaboration sebesar 82,08%. Kesimpulan menunjukkan terjadi peningkatan kompetensi dalam mendesain pembelajaran berbasis kecakapan abad 21 pada guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar setelah mengikuti Pelatihan Jarak Jauh dengan menggunakan teknik Tediprasi.
Copyrights © 2022