Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan
Vol 10 No 1 (2022): Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan

Kemampuan Guru PAI Sekolah Dasar Mendesain Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21 Melalui Teknik Tediprasi

Siti Aminah (Balai Diklat Keagamaan Semarang)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk membuktikan secara empirik tentang peningkatan kemampuan mendesain pembelajaran berbasis kecakapan abad 21 setelah mengikuti pelatihan dengan menggunakan teknik Tediprasi pada peserta Pelatihan Jarak Jauh guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Angkatan I Tahun 2021 pada Balai Diklat Keagamaan Semarang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pada aspek critical thinking sebesar 74,36%, aspek communication sebesar 71,79%, aspek creativity sebesar 73,74% dan aspek collaboration sebesar 82,08%. Kesimpulan menunjukkan terjadi peningkatan kompetensi dalam mendesain pembelajaran berbasis kecakapan abad 21 pada guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar setelah mengikuti Pelatihan Jarak Jauh dengan menggunakan teknik Tediprasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

andragogi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Andragogi Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan (p-ISSN 2620-5009, e-ISSN 2623-1190) is a periodical journal published by Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan (Center of Education and Religious Technical Training), under The Ministry of Religion Affairs, Republic of Indonesia. ...