Sebatik
Vol 26 No 2 (2022): Desember 2022

PEMAHAMAN MATEMATIS BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN DAN SELF CONCEPT

Busnawir Busnawir (Pendidikan Matematika, Universitas Halu Oleo)
Herlin Herlin (Pascasarjana Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis perbedaan pemahaman matematis yang dihasilkan oleh model pembelajaran berbasis masalah dan konvensional berdasarkan self concept tingi dan rendah. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dalam bentuk posttest-only control design. Populasi penelitian ialah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 8 kelas paralel. Sampel penelitian dipilih 2 kelas menggunakan teknik random, kemudian diperoleh kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dianalisis menggunakan two way Anova dan independent sample t-test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik berada dalam kategori sedang, baik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah maupun model pembelajaran konvensional; namun secara kuantitatif model pembelajaran berbasis masalah menghasilkan pemahaman matematis lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional. Pada peserta didik dengan self concept kategori tinggi memiliki pemahaman matematis yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik dengan self konsep kategori rendah baik diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah maupun diajar dengan model pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah menghasilkan pemahaman matematis lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional baik pada self concept kategori tinggi maupun pada self concept kategori rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sebatik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

SEBATIK merupakan jurnal kumpulan artikel hasil penelitian, karya ilmiah, maupun program pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademik di Indonesia dalam rangka mengitegrasikan informasi. SEBATIK menyediakan layanan publikasi terbuka untuk semua kalangan umum, baik di semua lingkungan ...