Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Konsep Tasawuf Imam Al-Ghazali Dari Aspek Moral Dalam Kitab Bidayatul Hidayah

Rohman Rohman (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)
Abdul Aziz Wahab (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)
Muhammad Hifdil Islam (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2022

Abstract

Tasawuf adalah jalan yang pilih oleh manusia yang ingin meinggalkan sifat duniawi dan mendekatkan diri pada penciptanya, Untuk mendekatkan diri kepada sang maha pencipta seorang sufi melakukan proses panjang dengan tiga tahap yang kemudian di sebut takhalli, tahalli, dan tajalli. Takhalli adalah proses awal seseorang untuk menjadi sufi yaitu proses kontemplasi (perenungan) dari apa yang pernah di lakukan semasa hidupnya tentang sifat – sifat teercela, tahalli adalah proses pengisian batin atau jiwa nya dengan sifat – sifat terpuji, kemudian tajalli yaitu menemukan titik terang dari apa yang telah di cari atau mendapatkan hidayah dari Allah SWT. Imam Ghozali adalah seorang pemikir besar bagi dunia Islam. Ia merupakan seorang akademisi dan juga ahli tasawuf yang melahirkan karya-karya fenomenal. Salah satu karyanya berjudul Bidayatul Hidayah yang membahas seputar proses awal seorang hamba mendapatkan hidayah dari Allah SWT. Dan juga menjelaskan tentang etika dalam berusaha mendekatkan diri pada Sang Maha Pencipta, adab pada diri sendiri, sesama manusia dengan tata cara dan adab yang benar. Maka penulis tertarik menganalisis seputar pembahasan tentang kitab Bidayatul Hidayah (permulaan seorang hamba mendapatkan hidayah) yang di dalamnya terdapat tiga bahasan; adab taat kepada Allah SWT, taat meninggalkan maksiat, dan yang terakhir adab pergaulan manusia dengan tuhannya, dengan sesamanya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...