Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 7 No 2 (2022): Volume 7 No.2 Tahun 2022

Penggunaan Metode Stad Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan/PPKn Siswa Kelas VIII-A Semester Genap Di SMP Negeri 1 Sudimoro, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021

Gatot Suprapto (SMP Negeri 1 Sudimoro, Kabupaten Pacitan)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Dengan Penggunaan Metode STAD hasil analisis data diperoleh bahwa 100% siswa senang terhadap keterampilan tipe STAD, dan 75,5% berpendapat bahwa perangkat yang digunakan baru. Selain itu respon siswa tentang keterampilan proses, 82,6% senang dan 72,2% berpendapat baru mengenai keterampilan proses yang digunakan. Data ini menunjukkan bahwa siswa senang mengikuti belajar Pendidikan Kewarganegaraan/PPKn jika belajar Pendidikan Kewarganegaraan/PPKn menggunakan keterampilan tipe STAD dan keterampilan proses, khususnya pada komponen keterampilan proses melakukan pengamatan dimana pendapat siswa senang dalam melakukan pengamatan sebesar 95,7%. Penerapan Metode STAD dalam Belajar Pendidikan Kewarganegaraan/PPKn Pokok Bahasan Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 pada Siswa Kelas VIII-A Semester Genap Di SMP Negeri 1 Sudimoro, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021 tidak berpengaruh terhadap Peningkatan Kualitas Belajar Pendidikan Kewarganegaraan/PPKn. Penerapan Metode STAD dalam Belajar Pendidikan Kewarganegaraan/PPKn Pokok Bahasa Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 pada Siswa Kelas VIII-A Semester Genap Di SMP Negeri 1 Sudimoro, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021. berpengaruh terhadap Peningkatan Kualitas Belajar Pendidikan Kewarganegaraan/PPKn. Kasus di Atas terdiri Atas dua sampel yang berhubungan satu sama lain, karena setiap subjek (dalam hal ini para murid) mendapat pengukuran yang sama, yaitu diukur pada siklus 1 dan siklus 2. Data hanya sedikit dan dianggap tidak diketahui distribusi (berdistribusi bebas). Maka digunakan uji nonparametrik dengan dua yang sampel yang berhubungan (dependen). Karena nilai Asymp.Sign. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Dengan demikian Ha diterima, berarti Penerapan Metode STAD dalam Belajar Pendidikan Kewarganegaraan/PPKn Pokok Bahasan Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 pada Siswa Kelas VIII-A Semester Genap Di SMP Negeri 1 Sudimoro, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021 berpengaruh terhadap Peningkatan Kualitas Belajar Pendidikan Kewarganegaraan/PPKn. Dan Akhirnya dalam kegiatan Penelitian ini dapat dinyatakan Tuntas dan Berhasil.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...