Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

A Content Analysis of Vocabulary Materials in One English Textbook for Vocational High School Students

Annisa Fitri Amalia (University of Singaperbangsa Karawang)
Maya Rahmawati (University of Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis materi kosakata dalam Buku Bahasa Inggris Kelas 12 di Sekolah Menengah Kejuruan yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Rumusan penelitian dari penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah bagaimana topik kosa kata disajikan dalam buku teks bahasa Inggris kelas 12 di Sekolah Menengah Kejuruan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan sumber data berupa buku. Buku yang dianalisis terdiri dari sebelas bagian, dan setiap bagian menyediakan konten kosakata. Hasil penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kriteria analisis kosakata yang dikemukakan oleh Celce Murcia dan menunjukkan bahwa kosakata yang terdapat dalam buku teks lebih banyak mengandung kosakata yang sesuai dengan topik dan tujuan pembelajaran daripada kosakata yang tidak sesuai dengan materi. Dan dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa kriteria inklusivitas per silabus dan aksesibilitas mendapatkan nilai tertinggi yaitu 3,7; Kesesuaian Konteks dan Kesesuaian Load of Kriteria mendapatkan skor 3,6; dan kriteria distribusi Seimbang mendapatkan nilai 3.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...