Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analysis of Teacher Readiness In The Application Of Steam-Based Learning In Children Aged 5-6 Years At Budhi Luhur Sikompak Kindergarten Kuantan Singingi Regency

Ade Sisca Irwanda (Universitas Riau)
Zulkifli N (Universitas Riau)
Daviq Chairilsyah (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dalam penerapan pembelajaran berbasis STEAM pada anak usia 5-6 tahun di TK Budhi Luhur Sikompak Kabupaten Kuantan Singingi. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif akan menemukan fakta-fakta yang banyak dan juga beragam, dan dari fakta tersebut akan ditelaah peneliti dan menghasilkan suatu kesimpulan yang berarti. Teknik pengumpulan data dengan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-Langkah yang dilakukan dalam penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu: tahapan persiapan, tahapan pengambilan data, tahapan analisis data, dan tahapan pembuatan laporan. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), display data, verifikasi dan penegasan kesimpulan (conclution drawing and verification). Hasil penelitian ini yaitu pembelajaran berbasis STEAM di TK Budi Luhur Sikompak sudah terlaksana dengan baik. Guru di TK Budi Luhur Sikompak telah merealisasikan selama proses mengajar dan sudah memiliki kesiapan mengajar berbasis STEAM.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...