Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pegagan Hilir

Betti Rouli Manik (Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia)
Yantarasi Damanik (Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia)
Agustina Lase (Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia)
Joice Chatrine Simbolon (Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia)
Dearlina Sinaga (Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di Smp Negeri 1 Pegagan Hilir Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 93 siswa dan jumlah sampel adalah 93 siswa atau disebut dengan total sampling. Metode analisis data yang digunkan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji multikolineritas, analisis statistic berganda, analisis linear regresi berganda, uji signifikansi parsial (uji t), uji signifikansi simultan (f) dan uji R2 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dan faktor terhadap prestasi belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan persamaan Y= 16,55 + 0,48 X1 + 0,53 X2 dan uji hipotesis secara parsial (uji t) untuk variabel X1 diperoleh nilai thitung >ttabel (4.820 >thitung) dan nilai signifikan adalah 0,000 < 0,05 menyatakan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara faktor internal terhadap prestasi belajar. Selanjutnya untuk variabel X2 diperoleh nilai thitung >ttabel (5.146) dan nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,005 menyatakan bahwa ada hubungan positif dan signifikan faktor eksternal terhadap prestasi belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...