Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa saat kegiatan pembelajaran di kelas V SDN 004 Salo kabupaten kampar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model somatic auditory visual intellectual (SAVI) dalam pembelajaran kelas V. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 21 orang, dengan siswa laki-laki 8 orang dan siswa perempuan 13 orang siswa. Adapaun teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi dan dokumentasi. Hasil obsevasi penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan proses sains siswa pada siklus I pertemuan I terdapat 8 orang siswa yang tuntas (38%) dan siklus I pertemuan II terdapat 10 orang siswa yang tuntas (52,3%). pada siklus II mengalami peningkatan, pertemuan I terdapat 16 orang siswa yang tuntas (76%) dan siklus II pertemuan II terdapat 19 orang siswa yang tuntas (90,4%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model somatic auditory visual intellectual (SAVI) dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas V SDN 004 Salo.Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI), Sekolah dasarĀ
Copyrights © 2023