Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 3 No 4 (2022): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

KENDALA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN (PTB) UNIVERSITAS NEGERI PADANG DALAM PERKULIAHAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19

Hesti M (Universitas Negeri Padang)
Totoh Andayono (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2022

Abstract

Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus corona jenis baru yang muncul pada akhir tahun 2019 untuk pertama kalinya di Wuhan, China. Penyakit ini menyebabkan pandemi hampir di seluruh dunia. Covid-19 muncul pada akhir 2019 untuk pertama kalinya di Wuhan, China. Pemerintah telah menerapkan sejumlah langkah pencegahan dalam upaya menekan jumlah orang yang terjangkit virus Covid-19. Salah satunya adalah persyaratan bahwa semua siswa berpartisipasi dalam pengajaran online terlepas dari kendala sosial. Ada cukup banyak dampak yang dialami mahasiswa di Jurusan Teknik Sipil sebagai akibat dari keterpaksaan untuk belajar secara daring atau online. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pencerahan tentang keterbatasan yang dimiliki mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) ketika mengikuti Kuliah Daring di Universitas Negeri Padang pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan bersifat kuantitatif dan deskriptif. Untuk memperoleh data yang diperlukan untuk investigasi ini, enam puluh peserta Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP 2019 masing-masing diberikan angket untuk diisi. Berdasarkan hasil temuan, persentase mahasiswa yang mengalami kesulitan mengikuti perkuliahan daring cukup dalam hal ketersediaan fasilitas (66,6%), tenaga pendidik (dosen) (65,9%), ekonomi (63,4%), dan motivasi belajar (67,8%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...