Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Dakota (Dakon Matematika) sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Cacah pada Siswa Kelas III SD

Ni Luh Puspa Handayani (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Made Suarjana (Universitas Pendidikan Ganesha)
Kadek Yudiana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2022

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh banyak siswa yang kesulitan dalam memahami konsep dari materi yang diajarkan serta cenderung cepat bosan jika pembelajaran kurang menarik dan monoton. Tujuan penelitian yaitu mengetahui validitas dan efektivitas media dakota untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan cacah pada siswa kelas III SD. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini yaitu ahli isi materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa kelas III. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data hasil penilaian uji ahli isi materi 97%, hasil penilaian uji ahli desain pembelajaran 93%, hasil penilaian uji ahli media pembelajaran 90%, hasil penilaian uji coba perorangan 98,6%, hasil penilaian uji coba kelompok kecil 97,5% dan hasil penilaian uji coba lapangan 97% dengan keseluruhan mendapat kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa media dakota untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan cacah efektif digunakan untuk siswa kelas III Sekolah Dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...