Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penggunaan media sosial oleh siswa sekolah dasar, dampak penggunaan media sosial pada siswa sekolah dasar, dan bagaimana cara penggunaan media sosial yang baik. Kegiatan pengabdian yang telah dilakukan oleh tim pengabdi dilaporkan dalam penelitian ini secara spesifik dan akan focus pada sosialisasi dampak positif dan negatif media sosial . Namun media sosial ini malah menjadi momok yang sangat menakutkan bagi beberapa peserta didik, apalagi mereka yang menyalahgunakan media sosial bukan untuk kepentingan belajar. Tetapi di balik dampak buruk media sosial, ada juga dampak positifnya seperti membantu pelajar pada era digital seperti sekarang ini. Dengan adanya media sosial pelajar dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain, sehingga mereka mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah pemberian materi, pemecahan masalah dan games (kuis). Adapun hasil dampak positif dan negatif media sosial adalah sebagai sarana berkomunikasi, memperluas jaringan pertemanan, dan sarana mengembangkan keterampilan dan bakat. Sedangkan dampak negatif media sosial adalah Susah bersosialisasi terhadap orang sekitar, Terlupakannya bahasa formal dan mudahnya penyebaran gambar atau video yang kurang baik bagi anak anak. Oleh karena itu, berhsti- hatilah dalam menggunakan media sosial serta media sosial juga dapat mendorong para siswa untuk menyalurkan bakat dan keterampilannya pada media sosial.
Copyrights © 2022